Green Tips

Bagaimana bikin listrik di rumah pakai solar panel

Minggu, 29 Maret 2009, 20:24

http://www.flickr.com/photos/chandramarsono/2283251419/

Menggunakan listrik dari tenaga surya di rumah? Wah menarik juga, tapi bukankah itu solusi yang mahal? Kan, PLN sudah menyediakan listrik yang lumayan murah. Lalu apa untungnya buat saya kalau menggunakan listrik ‘buatan sendiri'?

Semua tergantung dari kebutuhan yakni digunakan untuk apa PLTS ( pembangkit listrik tenaga surya ) yang kita pasang. Jika untuk mengcover seluruh peralatan rumah tangga pada umumnya saat ini, memang masih dapat dibilang kurang terjangkau dan sesuai.

Saat ini untuk menggunakan PLTS, perlu dibuatkan skala prioritas terlebih dulu. Dan berikut beberapa pertanyaan mendasarnya.

  1. Dimanakah saya tinggal ? Jika tidak ada atau akses PLNnya kurang baik (listrik PLN sering mati), PLTS bisa menjadi salah satu solusi sebagai sumber energi.

  2. Nah, bagaimana jika akses PLNnya sudah baik? Tentunya, untuk biaya jangka pendek, penggunaan PLN masih lebih murah sehingga jika kalkulasi biaya sebagai tujuan untuk mendapatkan yang lebih "murah", nampaknya PLTS masih belum dapat menjadi solusi karena PLTS masih bersifat investasi dimana membeli listrik beberapa tahun ke depan untuk dikonsumsi saat ini.

Apa keuntungan menggunakan listrik dengan solar panel?

  • Mengurangi biaya listrik jangka panjang (inget loh, kita kan pakai listrik seumur hidup!)
  • Mengurangi ketergantungan pada listrik dari batubara (horeee...emisi karbon saya turun!)
  • Menghindari dampak pemadaman saat harus mengejar deadline, sementara komputer tidak bisa dinyalakan :-)
  • Sedikit pamer ke teman-teman kita bahwa kita sudah bergabung dengan komunitas pengguna solar panel sedunia! (huhuuuyy..coolll..!!!)
  • Turut mengurangi pemanasan global karena sistem solarpanel menghasilkan energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi.

Hmmm... tapi kenapa pakai solar panel sih?

Mayoritas listrik yang digunakan di Indonesia berasal dari pembangkit listrik dengan bahan baku batubara. Masalahnya, dari proses ini dikeluarkan banyak emisi karbon yang merupakan sumber terbesar penyebab terjadinya pemanasan global (global warming).

Sementara, permintaan kita untuk listrik makin hari makin besar. Coba lihat berapa alat di rumah kita yang tidak bisa berjalan tanpa listrik, dari lampu, telepon genggam, TV, hingga AC dan kulkas. Belum lagi penggunaan listrik yang boros. Akibatnya, pembangkit listrik kita tidak mampu lagi untuk memberikan listrik sebesar permintaannya. Makanya pemadaman makin sering terjadi.

Di sisi lain, kita kan tinggal di negara yang kaya akan cahaya matahari yang dibuktikan secara geografis letak Indonesia di Garis Khatulistiwa sekaligus sebagai Negara Tropis. Kenapa gak kita maksimalkan saja penggunaan cahaya matahari yang diberikan gratis oleh Tuhan?

Sistem solar panel

OK, saya berminat dengan solar panel... lalu, bagaimana dengan biaya pemasangannya?

1 Kita mulai dengan perhitungan dulu. Berapakah kebutuhan jumlah total beban di rumah yang akan menggunakan tenaga dari solar panel? Dari tagihan listrik, bisa dilihat tingkat konsumsinya dalam bentuk kWh (kilowatt per jam) setiap bulan misalnya. Nah dari situ kita bisa identifikasikan berapa kWh yang dibutuhkan tiap hari, misalnya 200 watt.

2 Pertanyaan selanjutnya adalah : Berapa lama beban yang totalnya 200 watt ini akan dihidupkan dengan menggunakan sistem solar panel ? Boleh kita ambil misalnya 12 jam. Jika 12 jam, berarti total konsumsi daya beban dalam sehari adalah 12 x 200 kWh = 2.400 watt.

3 Tentunya lebih diuntungkan jika beban yang menggunakan solar panel dinyalakan pada malam hari. Dengan begini, penggunaan baterai relatif tidak berat dan dimungkinkan jumlah baterai dapat pula dikurangi jumlahnya, karena listrik yang disupply tidak hanya oleh baterai tetapi sinar matahari masih turut memberikan supply.

Mari kita ambil contoh penggunaan sistem solar panel adalah pada pukul 18.00 s/d 06.00 (12 jam).

4 Nah, sekarang kita hitung berapa besar dan jumlah baterai yang dibutuhkan untuk mensupply beban sejumlah total 2.400 watt:

Jumlah total 2.400 watt perlu ditambahkan sekitar 20% yang adalah listrik yang digunakan oleh perangkat selain panel surya, yakni inverter sebagai pengubah arus DC (searah) menjadi AC (bolak - balik) (karena pada umumnya peralatan rumah tangga menggunakan arus AC), dan controller (sebagai pengatur arus) yakni menutup arus ke baterai jika tegangan sudah berlebih di baterai dan memberhentikan pengambilan arus dari baterai jika baterai sudah hampir kosong.

Sehingga jika ditambahkan 20%, maka total daya yang dibutuhkan adalah 2.400 x (2.400 x 20%) = 2.880 watt.

5 Dari 2.880 watt tersebut, jika dibagi 12 V ( tegangan umum yang dimiliki baterai) maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. Maka, jika kita menggunakan baterai yang sebesar 65 Ah 12 V, maka kita membutuhkan 4 baterai (65 x 12 x 4 = 3.120 watt).

6 Dengan mendapatkan 3.120 watt ini, kita akan mendapatkan jumlah panel yang kita butuhkan, termasuk besarannya yakni sebagai berikut. Jika menggunakan ukuran panel yang 100 wp (watt peak), maka dalam sehari panel ini kurang lebih menghasilkan supply sebesar 100wp x 5 (jam) = 500 watt.

Adapun 5 jam didapat dari efektivitas rata-rata waktu sinar matahari bersinar di negara tropis seperti Indonesia, dan 5 jam ini sudah menjadi semacam perhitungan rumus baku efektivitas sinar matahari yang diserap oleh panel surya. Maka jika 1 panel yang 100 wp mampu memberikan listrik sejumlah 500 watt, didapatkan total panel yang dibutuhkan adalah sejumlah 3.120 watt / 500 watt = 7 panel (baiknya kita lebihkan).

7 Nah, kita sekarang sudah berhasil mendapatkan kombinasi antara jumlah panel surya dan baterai untuk mensupply listrik sejumlah total 3.120 watt yang dinyalakan selama 12 jam sehari dimana beban yang menggunakannya dinyalakan pada malam hari antara pukul 18.00 s/d 06.00 yakni : 7 PANEL SURYA YANG 100 WP DAN 4 BUAH BATERAI 65Ah 12 V.

Perihal harga, saat ini sistem ini (sudah berikut seluruh perangkatnya) adalah berkisar US$ 9 -10 per wattnya. Jadi jika menggunakan 7 panel yang 100 wp (sehingga totalnya = 7 x 100 wp), maka estimasi biaya kurang lebih 700 watt x US$ 10 = US$ 7,000.

Terima kasih atas bantuan PT Dynton untuk rangkum tips ini. Saat ini, PT. Dynton Persada Global sedang dalam masa promosi s/d Mei 2009 dimana pemasangan untuk sistem solar panel adalah GRATIS untuk daerah Jabodetabek.

Perusahan yang bisa memasang/menjual solar panel di Indonesia

PT Dynton Persada Global
PT Contained Energy
PT RDA Nusantara
PT Sundaya


Viewed: 925 | Beri peringkat tip ini: Baik (239)| Buruk (55)

Tags: listrik, energi, solarsel, rumah, matahari, solarpanel

Related Tips


  1. 1
    Mr Jude :
    Selasa, 26 Juli 2016, 14:54

    Halo untuk siapa pun yang membaca artikel ini, Nama saya Jude El nino dari sebagian Spanyol dan Indonesia, namun dibesarkan di Filipina, di mana hal-hal yang begitu keras, perekonomian sangat buruk, saya ingin memulai sebuah pabrik susu tapi tidak ada modal untuk memulai proyek besar dan mimpi, dan bank menuntut begitu banyak untuk collecterial, jadi saya memutuskan untuk melihat secara online sampai saya bertemu dengan beberapa perusahaan tetapi mereka scammed permintaan untuk satu kali pembayaran ke yang lain, jadi saya hampir menyerah sampai aku melihat sebuah artikel dari seseorang yang bersaksi tentang perusahaan pinjaman Mr. Dangote, pada awalnya saya pikir itu sama dengan perusahaan orang lain atas tuduhan penipuan uang thier kecil, tapi aku mengumpulkan keberanian untuk mengikuti kebijakan mereka dan sekarang aku CEO perusahaan susu waktu kecil dengan setidaknya 12 pekerja dan saya melakukannya dengan baik, berdoa untuk memperluas, jadi jika Anda membaca artikel ini, perusahaan pinjaman Mr Dangote adalah nyata dan begitu berlaku dan mendapatkan uang Anda sendiri Via pinjaman Dangotegrouploandepartment@gmail.com dan tingkat bunga hanya 1,5% dan pastikan ketika Anda mendapatkan pinjaman Anda, Anda membayar angsuran bulanan Anda tanpa penundaan, dan jika Anda tidak mengerti proses hubungi saya Via judeelnino@gmail.com

  2. 2
    Fatma:
    Selasa, 26 Juli 2016, 07:12

    Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (THERESALOANCOMPANY), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (THERESALOANCOMPANY) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (THERESALOANCOMPANY@GMAIL.COM) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda CATATAN all.PLEASE. NO BIAYA PENDAFTARAN, NO BIAYA TRANSFER, biaya NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan charges.Allah ini memberkati kita TRANSFER BIAYA, BIAYA NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) Lender nyata Perusahaan ATAU TIDAK mengumpulkan penutup biaya Singer .

  3. 3
    Indriaty Manirjo:
    Sabtu, 23 Juli 2016, 12:25


    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  4. 4
    FEDERAL TRUST FINANCE:
    Rabu, 20 Juli 2016, 02:40

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda memiliki masalah finicial? Kami menawarkan semua jenis pinjaman seperti:
    * Mortgages Kredit
    * Auto Pinjaman
    *Pinjaman pribadi
    * Pinjaman untuk Veteran
    * Kredit Usaha Kecil
    * Bayaran pinjaman
    * Meminjam dari Pensiun & Asuransi Jiwa
    * Pinjaman Konsolidasi
    * Pinjaman dari Teman dan Keluarga
    * Uang Muka Kas
    * Pinjaman Home Ekuitas
    * Siswa Pinjaman

    Serendah bunga 3% pinjaman untuk maksimal 50 tahun. Kami menawarkan pinjaman ke negara-negara di seluruh dunia dengan standar internet banking. Kami memiliki sistem pengiriman cepat yang bekerja dengan dokumen standar. Hubungi kami untuk pinjaman cepat dengan e-mail: federaltrustfinance@gmail.com

  5. 5
    Margret Marita:
    Selasa, 19 Juli 2016, 07:44

    PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: margretmarita@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (5.000 $ / €) untuk maksimal (500,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    Hubungi: margretmarita@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda.
    Margret Marita Pinjaman Terbatas
    E - Mail: margretmarita@gmail.com

  6. 6
    Margret Marita:
    Selasa, 19 Juli 2016, 07:44

    PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: margretmarita@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (5.000 $ / €) untuk maksimal (500,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    Hubungi: margretmarita@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda.
    Margret Marita Pinjaman Terbatas
    E - Mail: margretmarita@gmail.com

  7. 7
    Cindy Moore:
    Selasa, 19 Juli 2016, 05:15

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan kredit korporasi dan segala jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (cindymoore8182@gmail.com)

  8. 8
    Indriaty Manirjo:
    Senin, 18 Juli 2016, 09:29


    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  9. 9
    Indriaty Manirjo:
    Senin, 18 Juli 2016, 09:29


    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  10. 10
    Indriaty Manirjo:
    Senin, 18 Juli 2016, 09:29


    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  11. 11
    Leonardo Sanchez:
    Senin, 18 Juli 2016, 05:15

    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mr Leonardo Sanchez, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (sanchezloanfirm@gmail.com)

  12. 12
    Sandra:
    Minggu, 17 Juli 2016, 11:46

    Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang dalam kebutuhan membantu, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang bagus, atau Anda menemukan sulit untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via email hari ini untuk bantuan seperti (pinjaman, start up uang): sandraloancompany1@gmail.com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11:10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk berpikiran serius dan Tuhan takut orang dalam kesulitan keuangan dan ingin untuk menemukan jalan keluar.

    Anda menyarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu:______________________

    Alamat Anda:____________________

    Negaramu:____________________

    Pekerjaan Anda:__________________

    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

    Pinjaman Durasi: ____________________

    Pendapatan bulanan:__________________

    Nomor ponsel:________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan berada? ...

  13. 13
    Jane:
    Sabtu, 16 Juli 2016, 12:25

    Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel supaya kita boleh memberikan syarat-syarat pinjaman dan syarat-syarat kami di: (saintloanss@gmail.com)

  14. 14
    Mr Chris A:
    Jumat, 15 Juli 2016, 06:48

    Halo

    Terapkan untuk pinjaman cepat dan nyaman untuk membayar tagihan dan untuk memulai yang baru
    pembiayaan proyek-proyek Anda pada tingkat bunga termurah dari 2%. Hubungi kami
    hari ini melalui: (chrisagloanltd@gmail.com) dengan jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai kami
    menawarkan pinjaman minimum 1.000,00 untuk setiap pilihan amount.I pinjaman am bersertifikat
    , Terdaftar dan legit lender.You dapat menghubungi saya hari ini jika Anda tertarik
    dalam mendapatkan pinjaman ini, hubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman
    proses, proses seperti persyaratan pinjaman dan kondisi dan bagaimana pinjaman akan
    ditransfer ke Anda. Aku membutuhkan respon mendesak Anda jika Anda tertarik.

    PINJAMAN FORMULIR

    (1) Nama Lengkap:
    (2) Jumlah yang diperlukan sebagai Pinjaman:
    (3) Nomor Telepon:
    (4) Duration:
    (5) Negara:
    (6) State / Province:
    (7) Pendapatan Bulanan:
    (Status coolMarital:
    (9) Umur / Jenis Kelamin:
    (10) Tujuan Pinjaman:

    CATATAN: Semua Responses harus diteruskan ke: chrisagloanltd@gmail.com untuk
    pemrosesan cepat.

    Terima kasih,

    Mr chris Agadaga
    C.E.O / chrisagadagaloanltd.
    Email: chrisagloanltd@gmail.com

  15. 15
    Mr Chris A:
    Jumat, 15 Juli 2016, 06:48

    Halo

    Terapkan untuk pinjaman cepat dan nyaman untuk membayar tagihan dan untuk memulai yang baru
    pembiayaan proyek-proyek Anda pada tingkat bunga termurah dari 2%. Hubungi kami
    hari ini melalui: (chrisagloanltd@gmail.com) dengan jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai kami
    menawarkan pinjaman minimum 1.000,00 untuk setiap pilihan amount.I pinjaman am bersertifikat
    , Terdaftar dan legit lender.You dapat menghubungi saya hari ini jika Anda tertarik
    dalam mendapatkan pinjaman ini, hubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman
    proses, proses seperti persyaratan pinjaman dan kondisi dan bagaimana pinjaman akan
    ditransfer ke Anda. Aku membutuhkan respon mendesak Anda jika Anda tertarik.

    PINJAMAN FORMULIR

    (1) Nama Lengkap:
    (2) Jumlah yang diperlukan sebagai Pinjaman:
    (3) Nomor Telepon:
    (4) Duration:
    (5) Negara:
    (6) State / Province:
    (7) Pendapatan Bulanan:
    (Status coolMarital:
    (9) Umur / Jenis Kelamin:
    (10) Tujuan Pinjaman:

    CATATAN: Semua Responses harus diteruskan ke: chrisagloanltd@gmail.com untuk
    pemrosesan cepat.

    Terima kasih,

    Mr chris Agadaga
    C.E.O / chrisagadagaloanltd.
    Email: chrisagloanltd@gmail.com

  16. 16
    Deborah Lynda:
    Kamis, 14 Juli 2016, 15:21

    Hello Setiap Satu, saya mrs Deborah Lynda Dari Indonesia tetapi saya tinggal di sini di São Paulo, saya cepat mahu menggunakan media ini untuk ricih bukti bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman Legit dan sebenar yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, daripada menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang kini boleh berbangga dengan kehidupan yang sihat dan kaya tanpa tekanan atau masalah kewangan. Selepas berbulan-bulan cuba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah scammed jumlah Rp5,000.000 i menjadi begitu terdesak dalam mendapatkan pinjaman daripada pemberi pinjaman pinjaman legit talian yang tidak akan menambah kepada sakit saya, maka saya mengambil keputusan untuk menghubungi kawan saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman dalam talian, kami berbincang mengenai isu itu dan membuat kesimpulan kami dia memberitahu saya tentang Wanita yang dikenali sebagai Puan Elizabeth yang juga Ketua Pegawai Eksekutif Elizabeth Kean pinjaman Firm. Jadi saya memohon jumlah pinjaman (Rp300,000.000) dengan kadar faedah rendah sebanyak 2%, jadi pinjaman telah diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan di mana dibuat mengenai pemindahan pinjaman dan dalam masa kurang daripada 4 jam, pinjaman itu didepositkan ke dalam bank saya. Jadi saya ingin menasihatkan mana-mana satu yang memerlukan pinjaman untuk dengan cepat menghubungi beliau melalui e-mel .. elizabethkeen.loanfinance@gmail.com Dia tidak tahu yang sedang melakukan ini saya berdoa agar Allah akan memberkati dia untuk perkara yang baik yang dilakukannya dalam hidup saya. anda juga boleh hubungi saya di deborahlynda842@gmail.com. untuk maklumat lanjut.

  17. 17
    Indriaty Manirjo:
    Rabu, 13 Juli 2016, 10:14


    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  18. 18
    Maria:
    Senin, 11 Juli 2016, 04:59

    Apa yang mengejutkan saya baru saja mendapat pinjaman dari sebuah perusahaan bernama One World Grup Plc, seorang teman mengatakan kepada saya untuk berlaku untuk perusahaan, di mana ia juga memperoleh pinjaman nya, karena saran saya diberi oleh teman yang meminta hutang dalam One World Grup Plc, dan saya ditawari pinjaman saya diminta, jadi saran saya kepada Anda semua adalah bahwa One World Grup Plc adalah salah satu perusahaan terbaik di dunia yang memberikan pinjaman, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi mereka di email mereka dari perusahaan oneworldgroup.org@gmail.com

  19. 19
    Annissa Nor:
    Minggu, 10 Juli 2016, 07:50

    Akhirnya kami mendapatkan pemberi pinjaman kredit riil di internet, mereka dipercaya dan diandalkan, saya sangat senang ketika aku pinjaman saya dari pinjaman dlf. saya telah scammed berkali-kali, saya telah diterapkan untuk hampir semua perusahaan pinjaman di situs ini, dan mereka meminta pembayaran, setelah membayar saya tidak akan mendapatkan pinjaman saya, mereka akan berhenti menghubungi saya, saya begitu banyak utang, aku hampir kehilangan hidup saya karena saya telah kehilangan lebih dari 48 juta dan saya tidak mendapatkan pinjaman, saya mengikuti semua prosedur dan masih saya tidak mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati di situs tertentu, tidak semua perusahaan dan kesaksian di sini benar, Anda harus waspada. pinjaman dlf adalah pengembang real estate komersial terbesar, dan mereka telah terdaftar untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, saya terkejut ketika saya mendapat pinjaman saya dari dlf tanpa stres, saya hanya mengikuti prosedur dan saya mendapat pinjaman saya dalam 2 hari. jika Anda membutuhkan pinjaman, saya akan saran Anda mencoba pinjaman dlf dan saya memberikan jaminan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam nama Tuhan, Amin
    kontak mereka adalah info.dlfloans@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya di email saya jika Anda memiliki pertanyaan, annisaanor111@gmail.com

  20. 20
    Avijit Kumar:
    Sabtu, 09 Juli 2016, 23:50

    Hello!

    Kami di sini untuk memberitahu Anda di besar jasa keuangan kami yang diakui secara global dan asuransi modal. Kami membawa layanan pinjaman ke pintu Anda, dengan manfaat asuransi 100% dan pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% Layanan kami dibuka untuk pelanggan dari seluruh dunia. Untuk memenuhi syarat untuk layanan pinjaman kami, mengisi aplikasi Anda di bawah ini.

    INFORMASI KREDIT DIPERLUKAN:
    Nama lengkap :
    Seks:
    Alamat tinggal tetap :
    negara:
    negara:
    Dibutuhkan - Jumlah Pinjaman:
    Pinjaman - Durasi:
    Saya akan:
    Hari - nomor ponsel:
    Office - Nomor:
    Fax:
    Nama Perusahaan - Bisnis:
    posisi:
    penghasilan:
    Semua pemohon kredit harus aplikasi Summit email ini "trust.quiries@yahoo.com" Hubungi kami untuk info lebih lanjut + 91-7760020981

    Salam,
    Franck Moore
    Baille Gifford & Co INTERNASIONAL LLC

  21. 21
    Mrs Kelly:
    Kamis, 07 Juli 2016, 10:43

    Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KellyWoodLoanFirmLtd
    (Kellywoodloanfirm@gmail.com)

  22. 22
    Hannah:
    Rabu, 06 Juli 2016, 13:18

    Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

  23. 23
    Juliana Michael:
    Selasa, 05 Juli 2016, 22:08

    Halo, nama saya Juliana Michael, korban penipuan di tangan kreditur palsu, saya telah penipuan semua yang paling Rp29,000,000 karena saya butuh modal besar 80.000.000 ribu, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak tahan ini terjadi lagi. pada bulan Juni 2014, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik Mrs Elina yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman dijamin cepat hanya mendaftar melalui Ibu Elina melalui email: elinajohnson11@hotmail.com. Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; julianamichael2001@gmail.com jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

  24. 24
    Emiliana Wilson:
    Selasa, 05 Juli 2016, 05:45

    Halo,
    Selamat Datang keuangan global yang terbatas, yang mengambil pinjaman pribadi dengan Global Finance adalah Mudah dengan tingkat bunga hanya 2%. Sebuah pinjaman pribadi aman atau tidak aman untuk liburan, renovasi rumah, mobil baru atau untuk bisnis Anda. Tim kami yang profesional berkomitmen dan berpengalaman yang berada di sini untuk memberikan layanan duanya. "Mari kita memberikan pilihan" .contact kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui email: emilianawilson11@gmail.com

  25. 25
    Emiliana Wilson:
    Selasa, 05 Juli 2016, 05:45

    Halo,
    Selamat Datang keuangan global yang terbatas, yang mengambil pinjaman pribadi dengan Global Finance adalah Mudah dengan tingkat bunga hanya 2%. Sebuah pinjaman pribadi aman atau tidak aman untuk liburan, renovasi rumah, mobil baru atau untuk bisnis Anda. Tim kami yang profesional berkomitmen dan berpengalaman yang berada di sini untuk memberikan layanan duanya. "Mari kita memberikan pilihan" .contact kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui email: emilianawilson11@gmail.com

  26. 26
    Emiliana Wilson:
    Selasa, 05 Juli 2016, 05:45

    Halo,
    Selamat Datang keuangan global yang terbatas, yang mengambil pinjaman pribadi dengan Global Finance adalah Mudah dengan tingkat bunga hanya 2%. Sebuah pinjaman pribadi aman atau tidak aman untuk liburan, renovasi rumah, mobil baru atau untuk bisnis Anda. Tim kami yang profesional berkomitmen dan berpengalaman yang berada di sini untuk memberikan layanan duanya. "Mari kita memberikan pilihan" .contact kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui email: emilianawilson11@gmail.com

  27. 27
    Emiliana Wilson:
    Selasa, 05 Juli 2016, 05:45

    Halo,
    Selamat Datang keuangan global yang terbatas, yang mengambil pinjaman pribadi dengan Global Finance adalah Mudah dengan tingkat bunga hanya 2%. Sebuah pinjaman pribadi aman atau tidak aman untuk liburan, renovasi rumah, mobil baru atau untuk bisnis Anda. Tim kami yang profesional berkomitmen dan berpengalaman yang berada di sini untuk memberikan layanan duanya. "Mari kita memberikan pilihan" .contact kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui email: emilianawilson11@gmail.com

  28. 28
    Emiliana Wilson:
    Selasa, 05 Juli 2016, 05:45

    Halo,
    Selamat Datang keuangan global yang terbatas, yang mengambil pinjaman pribadi dengan Global Finance adalah Mudah dengan tingkat bunga hanya 2%. Sebuah pinjaman pribadi aman atau tidak aman untuk liburan, renovasi rumah, mobil baru atau untuk bisnis Anda. Tim kami yang profesional berkomitmen dan berpengalaman yang berada di sini untuk memberikan layanan duanya. "Mari kita memberikan pilihan" .contact kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui email: emilianawilson11@gmail.com

  29. 29
    Emiliana Wilson:
    Selasa, 05 Juli 2016, 05:45

    Halo,
    Selamat Datang keuangan global yang terbatas, yang mengambil pinjaman pribadi dengan Global Finance adalah Mudah dengan tingkat bunga hanya 2%. Sebuah pinjaman pribadi aman atau tidak aman untuk liburan, renovasi rumah, mobil baru atau untuk bisnis Anda. Tim kami yang profesional berkomitmen dan berpengalaman yang berada di sini untuk memberikan layanan duanya. "Mari kita memberikan pilihan" .contact kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui email: emilianawilson11@gmail.com

  30. 30
    Indriaty Manirjo:
    Senin, 04 Juli 2016, 09:01


    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  31. 31
    Mas Im:
    Minggu, 03 Juli 2016, 08:46

    @ Mas Faisal
    Untuk 200watt selama 24 jam, Mas akan butuh 4800 watt-jam.
    Estimasi biaya 40 s/d 45 Juta (tergantung merk).
    Cost: 45Jt/20thn = 2.250.000/Thn
    atau Rp. 6.164 perhari. Lebih murah dr sebungkus rokok khan ?

  32. 32
    Batari Bima:
    Rabu, 29 Juni 2016, 23:10

    Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 8 bulan. kemudian saya berpikir bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Madam besar, cahya kirana, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp300,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari Rp300,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya siap, dalam waktu 72 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini saya Saudara-saudara yang terkasih dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan menjadi begitu besar penuh padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, Anda juga dapat menghubungi saya di bataribima2011@gmail.com untuk lebih jelasnya! Saya hanya membayar biaya pajak dan biaya transfer dan tidak lebih tidak ada perubahan lain dan saya mendapat pinjaman saya dikirim langsung ke rekening bank saya, merasa bebas saudara-saudara saya, dia ada di sini untuk membantu kita semua.

  33. 33
    Batari Bima:
    Rabu, 29 Juni 2016, 23:10

    Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 8 bulan. kemudian saya berpikir bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Madam besar, cahya kirana, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp300,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari Rp300,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya siap, dalam waktu 72 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini saya Saudara-saudara yang terkasih dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan menjadi begitu besar penuh padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, Anda juga dapat menghubungi saya di bataribima2011@gmail.com untuk lebih jelasnya! Saya hanya membayar biaya pajak dan biaya transfer dan tidak lebih tidak ada perubahan lain dan saya mendapat pinjaman saya dikirim langsung ke rekening bank saya, merasa bebas saudara-saudara saya, dia ada di sini untuk membantu kita semua.

  34. 34
    Theresa:
    Selasa, 28 Juni 2016, 14:39

    Kami adalah Lembaga Keuangan Bersertifikat menyetujui dana untuk semua jenis proyek. Pinjaman / penawaran keuangan diberikan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan durasi pembayaran sangat ramah dan pelanggan nyaman.
    Jangka waktu pengembalian adalah dalam waktu 12 sampai 120 bulan dengan masa tenggang dari 6-12 bulan awal tanpa penalti re-pembayaran.
    Kami menyetujui pendanaan untuk sampai $ 100 Juta dan di atas tergantung pada sifat dari bisnis.
    Kami pendanaan untuk bisnis yang ada dengan tim manajemen yang ada, dengan pekerjaan utama Energi, Kontrak Eksekusi, Commercial Real Estate Pembelian, Ekspansi Bisnis, Transportasi, Teknologi, Kesehatan, bayar sewa, pajak, membeli mobil dll
    Kami terbuka untuk memiliki hubungan bisnis yang baik dengan Anda sebagai skema keuangan kami adalah pelanggan yang sangat fleksibel dan nyaman.
    Jika Anda berpikir Anda memiliki latar belakang yang kuat dan ide membuat keuntungan yang baik dalam bisnis apapun, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk kerjasama bisnis mungkin.
    Jika Anda tertarik dengan tawaran ini, silahkan hubungi kami melalui email untuk menerima Syarat dan Ketentuan pendanaan. (Theresaloancompany@gmail.com)

  35. 35
    Jelli Mira:
    Selasa, 28 Juni 2016, 12:02

    Halo, aku Jelli Mira, Saya sangat senang hari ini karena semua keinginan hati saya hanya datang untuk lulus, setelah mencari pinjaman untuk pengobatan nyeri ayah saya dan untuk perayaan Ramadhan datang sebagainya, saya akhirnya mendapat pinjaman dari hak sumber yang memiliki nama adalah Mrs. Sandra Ovia, yang membantu saya mendapatkan pinjaman dengan non agunan, setelah saya telah ditipu oleh begitu banyak pemberi pinjaman kredit di internet ini, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk membiarkan sesama Indonesia tahu bahwa bahkan beberapa begitu- disebut pemberi pinjaman adalah palsu, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak dan aman bahkan untuk perayaan kedatangan Ramadan, hubungi Ibu Sandra Ovia, dia adalah salah satu yang saya percaya Allah mengutus untuk menyelamatkan kita untuk liburan, jadi saya ingin Anda semua untuk bergabung dengan saya terima Mrs Sandra dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menulis dia melalui email perusahaan: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Saya sesama Indonesia jika Anda memiliki masalah dalam menghubungi dia, maka Anda dapat menghubungi saya di email ini: jellimira750@gmail.com untuk arah lebih lanjut.
    Tuhan memberkati kalian semua.

  36. 36
    Fridha Kartika:
    Senin, 27 Juni 2016, 20:44

    KABAR BAIK. MEMBACA
    Halo teman-teman, nama saya adalah ibu Fridha Kartika silakan silakan aku punya kabar baik untuk berbagi dengan Anda semua. Aku tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya aku sekarang. Akhirnya, aku baru saja pinjaman dari SADEEQ INVESSTMENT. CORP yang terdaftar dengan organisasi-organisasi Islam Internasional kredit di seluruh dunia dan seorang anggota organisasi internasional investasi/pinjaman Uni. Teman saya mengarahkan saya untuk mereka. Saya telah mencari asli pemberi pinjaman pribadi online selama bertahun-tahun yang mana saya bisa meminjam uang untuk memulai bisnis saya, tetapi semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman asli perusahaan gagal. Semua bahwa aku datang di kontak dengan adalah semua penipuan. Jujur, pada awalnya, saya pikir Sadeeq Investment.Corp adalah salah satu penipuan sampai mereka membawa sukacita hidup saya hanya beberapa hari kembali. ketika aku mencoba dan melihat sendiri, setelah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, saya terkejut bahwa mereka benar-benar ditransfer saya pinjaman ke rekening bank saya. Saya sangat bahagia sekarang karena Allah telah digunakan organisasi ini untuk memberkati saya tahun ini. Dear teman jika Anda ingin tahun ini menjadi tahun kebebasan finansial Anda dan menjadi bahagia seperti saya, cepat dan menghubungi mereka sekarang. Email mereka (sadeeqinvestmentplan@gmail.com) saya berharap informasi penting ini akan mengubah hidup Anda tahun ini. Saya berharap Anda semua yang terbaik.
    Anda dapat menghubungi saya di [fridhakartika@gmail.com]

  37. 37
    Sharon Bergers:
    Minggu, 26 Juni 2016, 15:58

    Sharon Berger Kredit Investasi Sebagai bagian dari promosi yang sedang berlangsung, kami sedang menawarkan Swasta, Commercial dan Personal pinjaman kepada calon pelanggan membutuhkan uang mendesak pada tingkat bunga 2%, Mengapa menunggu uang yang Anda butuhkan mendesak? kami memiliki uang tunai untuk pinjaman Anda. layanan pinjaman keuangan kami adalah 100% dijamin.
    Daftar sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
    Email: sharonbergers@gmail.com

  38. 38
    Julia Simon:
    Sabtu, 25 Juni 2016, 23:29

    Pozdrav, moje ime je Julia Simon, žrtva prijevare u rukama lažnih lenders. Izgubio sam oko Rp29,000,000 jer ja koji je potreban veliki kapital Rp50,000,000. skoro sam umrla, nisam imao kamo oti?i. moj posao je bio uništen, te u procesu sam izgubio sina. ja ne mogu više izdržati ovo doga?a. u prosincu 2014., upoznao sam prijatelja koji me je uveo u dobrom majkom, g?a Augusta Ibramhim, koji su na kraju mi je pomogao osigurati zajam u poduze?u. dobra majka želim iskoristiti ovu priliku da vam zahvalim, a Bog i dalje da vas blagoslovi. ja tako?er željeli iskoristiti ovu priliku da savjet kolege Indonežani, da postoji mnogo Prevaranti vani, pa ako vam je potreban kredit, i žele osigurati zajam brzo, samo registrirati preko gospo?e Augusta Ibramhim putem e-maila: augustaibramhim11@gmail.com pobj. tako?er možete me kontaktirati putem ovog e-mail: juliasimon460@gmail.com pobj. Ako imate bilo kakve sumnje. molim te da je jedina osoba pouzdan i pouzdan.
    Hvala ti..

  39. 39
    Mrs. Joyce:
    Kamis, 23 Juni 2016, 18:11

    Good Day Sir / Madam:
    Mendapatkan pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar Untuk klien
    yang memiliki kebutuhan keuangan. Masalah kredit dan agunan yang
    sesuatu yang klien selalu khawatir tentang ketika mencari pinjaman
    dari pemberi pinjaman yang sah. Tapi Joyce Roland Pinjaman Perusahaan telah membuat
    bahwa perbedaan dalam industri pinjaman. Kita dapat mengatur untuk pinjaman
    dari kisaran $ 5,000.00 sampai $ 500.000,00
    Layanan kami meliputi:
    Konsolidasi hutang
    Hipotek kedua
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi
    Pinjaman International
    Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Guarantee.All Anda harus
    lakukan adalah mari kita tahu persis apa yang Anda inginkan dan kami pasti akan membuat Anda
    mimpi yang menjadi kenyataan. Joyce Roland Pinjaman Perusahaan. mengatakan YES ketika bank Anda mengatakan TIDAK.
    Terakhir, kami mendanai skala kecil perusahaan pinjaman, perantara, skala kecil
    lembaga keuangan karena kita memiliki modal terbatas. Untuk selanjutnya
    Rincian untuk pergi tentang pengadaan kontak pinjaman kami, Mohon menanggapi
    segera email ini di: joycerolandloancompany@gmail.com.
    Terima kasih

  40. 40
    Endah Faridah:
    Senin, 20 Juni 2016, 13:50

    Kesaksian !!! Kesaksian !!! kesaksian !!!
    Nama saya Endah Faridah, saya tinggal di jakarta Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka setiap tempat, beberapa bulan yang lalu aku finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pemberi pinjaman online. Saya kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman dia sangat handal disebut ibu Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan angsuran pertama dari saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ibu Lucy Smith melalui: lucysmithloanfirm@gmail.com
    Awas! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: faridahendah007@gmail.com

  41. 41
    Lady Mia:
    Selasa, 14 Juni 2016, 01:40

    KABAR BAIK!!!

    Ramadhan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa Koneksi hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

  42. 42
    Lady Mia:
    Selasa, 14 Juni 2016, 01:40

    KABAR BAIK!!!

    Ramadhan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa Koneksi hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

  43. 43
    Lady Mia:
    Selasa, 14 Juni 2016, 01:40

    KABAR BAIK!!!

    Ramadhan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa Koneksi hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

  44. 44
    Mrs Kelly:
    Senin, 13 Juni 2016, 14:27

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

  45. 45
    Mrs Kelly:
    Senin, 13 Juni 2016, 14:27

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

  46. 46
    Mrs Kelly:
    Senin, 13 Juni 2016, 14:27

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

  47. 47
    Mrs Kelly:
    Senin, 13 Juni 2016, 14:27

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

  48. 48
    Mrs Kelly:
    Senin, 13 Juni 2016, 14:27

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

  49. 49
    Mrs Kelly:
    Senin, 13 Juni 2016, 14:27

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

  50. 50
    CSOptima1:
    Senin, 30 Mei 2016, 15:33

    Tutorial Konversi Energi Listrik Tenaga Matahari?

    http://gudangpanelsurya.blogspot.co.id/

  51. 51
    Gudanglampusurya@gmail.com:
    Senin, 30 Mei 2016, 15:31

    Jika anda membutuhkan konversi tenaga surya pada kebutuhan listrik rumah tangga anda, kami menyediakan aneka pilihan paket Solar Home System mulai 50 Watt hingga 5000 Watt. Hubungi kami via WA di 0858 7997 8991 e-mail : gudanglampusurya@gmail.com web : www.gudanglampusurya.com

  52. 52
    Mmbro:
    Rabu, 25 Mei 2016, 21:41

    untuk panelnya harga segitu udah standar?
    mahal banget,
    itu ditulis 2009 sekarang 2016, udah ga bisa kurang kah?
    untuk kompunen2nya dtoko elektronik apa trtentu aja yng bisa dapetin?

  53. 53
    Fasha Nabila:
    Jumat, 20 Mei 2016, 22:02

    Saya pribadi setuju dengan penggunaan energi terbarukan seperti solar cell ini, meskipun emang ga terlalu paham sama hitung-hitungan ekonomis dan faktanya memang masih tergolong mahal.
    Sementara kewajiban menyelamatkan bumi dan melestarikan lingkungan harus tetap jalan, rasanya agak kasian juga sama orang-orang yang ga berpenghasilan tinggi tapi kepengen juga hemat energi.
    Ga masalah sih kalau memang ga bisa pakai solar cell untuk keperluan sehari-hari dirumah, yang paling penting dimulai dari diri sendiri.
    Matikan lampu dimana ga ada aktivitas di ruangan itu, charge handphone jangan terlalu lama, kalau sudah penuh segera dicabut, jangan kebiasaan "ditonton tv" kalau udah larut malem.
    Kalau udah punya kebiasaan begini, tularkan ke orang-orang terdekat.
    Untuk maju dan modern, ga harus mengorbankan alam kok.


    Anyway, salam hormat buat admin, lumayan tambah-tambah wawasan.

  54. 54
    Fasha Nabila:
    Jumat, 20 Mei 2016, 22:02

    Saya pribadi setuju dengan penggunaan energi terbarukan seperti solar cell ini, meskipun emang ga terlalu paham sama hitung-hitungan ekonomis dan faktanya memang masih tergolong mahal.
    Sementara kewajiban menyelamatkan bumi dan melestarikan lingkungan harus tetap jalan, rasanya agak kasian juga sama orang-orang yang ga berpenghasilan tinggi tapi kepengen juga hemat energi.
    Ga masalah sih kalau memang ga bisa pakai solar cell untuk keperluan sehari-hari dirumah, yang paling penting dimulai dari diri sendiri.
    Matikan lampu dimana ga ada aktivitas di ruangan itu, charge handphone jangan terlalu lama, kalau sudah penuh segera dicabut, jangan kebiasaan "ditonton tv" kalau udah larut malem.
    Kalau udah punya kebiasaan begini, tularkan ke orang-orang terdekat.
    Untuk maju dan modern, ga harus mengorbankan alam kok.


    Anyway, salam hormat buat admin, lumayan tambah-tambah wawasan.

  55. 55
    Faisal:
    Selasa, 17 Mei 2016, 23:01

    Selamat malam,Untuk daya 200 watt dibutuhkan berapa solar panel dan batree untuk pemakai an 24 jam ,
    terima kasih

  56. 56
    Faisal:
    Selasa, 17 Mei 2016, 23:01

    Selamat malam,Untuk daya 200 watt dibutuhkan berapa solar panel dan batree untuk pemakai an 24 jam ,
    terima kasih

  57. 57
    Muhammad Ichsan :
    Kamis, 28 April 2016, 23:15

    Malam saya mau nanya, kalau untuk menyanggupi ac 1 pk. Bth bajet brpa ya dgn instalasinya jg. Untuk wilayah tangerang selatan. Terimakasih.

  58. 58
    Chandra Marsono:
    Minggu, 17 April 2016, 21:18

    Maaf, artikel anda menggunakan gambar saya tanpa izin maupun memberikan informasi kepemilikan. Harap segera dilepas sebelum saya melayangkan teguran kedua.

  59. 59
    Andri Makadomo:
    Rabu, 13 April 2016, 11:56

    pak klu kapasitas 100 watt boleh brapa harganya. untuk di luar jabotabek...trims

  60. 60
    Radhy:
    Minggu, 10 April 2016, 18:50

    Energi alternatif sih...tapi tampaknya tidak ekonomis...harganya mahal...perawatan juga rumit, ya panelnya harus dibersihkan dari debu, batterai mesti dikontrol liquidnya, inverternya juga bisa aus...saya sih berharap tekhnologi ramah lingkungan ini bisa lebih murah, efisien dalam perawatan...bukan kebalikannya (ga ramah dikantong)

  61. 61
    Juhardi:
    Senin, 07 Maret 2016, 08:24

    Berapa panel surya dan batre,untuk menghasilkan daya 2000 watt untuk 24 jam?

  62. 62
    Amran Mohamad:
    Jumat, 05 Februari 2016, 10:22

    This is a very good introduction to solar PV. Well well done.. Semangat terus. Kami Juga adalah solar PV systems desainer Dan integrator yang terakreditasi.. PT Sinergi Elektrik Indonesia.

  63. 63
    :
    Minggu, 31 Januari 2016, 10:40

  64. 64
    Mujiati:
    Jumat, 08 Januari 2016, 13:43

    Kami bekerja sama dengan perusahaan dari Finlandia menawarkan pemasangan energi solar utuk semua gedung.Silahkan kirim email ke alamat kami jenny_oke2002@yahoo.com

  65. 65
    Godshadow:
    Selasa, 05 Januari 2016, 08:39

    kirain artikel tentang membuat panel surya sendiri,,,
    ternyata,,,ditunggangi PT,,,wkkkkk,

    greenlifestyle
    did u know?
    latar belakang layar seperti halaman web dengan warna gelap (ex. hitam) membutuhkan lebih sedikit energi daripada latar berwarna putih.

    leave

  66. 66
    Dilla:
    Kamis, 17 Desember 2015, 16:06

    Klo ada yang mau pasang solar panel, dan mau diskusi langsung dengan expertsnya. Bisa cek di https://janaloka.com/questions/

  67. 67
    Lubis:
    Selasa, 08 Desember 2015, 05:41

    berapa banyak panel dan aki untuk memagar sekeliling kebun dengan luas 2ha dengan menggunakan kawat untuk mencegah hama babi hutan dan monyet masuk kedalam kebun.

  68. 68
    Novi Zardi:
    Kamis, 03 Desember 2015, 23:47

    mas, saya ingin memanfaatkan solar cell utk menghidupkan kincir air di tambak udang, mohon pencerahannya.

  69. 69
    Novi Zardi:
    Kamis, 03 Desember 2015, 23:47

    mas, saya ingin memanfaatkan solar cell utk menghidupkan kincir air di tambak udang, mohon pencerahannya.

  70. 70
    Ferdi Rosman Feizal:
    Kamis, 03 Desember 2015, 11:59

    Hanya Rp.5-6 juta, Instalasi Solar Cell Sangat Cocok Untuk Gedung Perkantoran

    Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/ferdirosman/hanya-rp-5-6-juta-instalasi-solar-cell-sangat-cocok-untuk-gedung-perkantoran_565aac42f67a61a511703da2

  71. 71
    Dedebn Fachruddin RD,SE:
    Kamis, 03 Desember 2015, 07:43

    mohon informasi lebih lanjut soal pembangkit listrik tenaga surya untuk dirumah pribadi dan kira kira biaya yg dibutuhkan berapa
    terima kasih

  72. 72
    Dedebn Fachruddin RD,SE:
    Kamis, 03 Desember 2015, 07:43

    mohon informasi lebih lanjut soal pembangkit listrik tenaga surya untuk dirumah pribadi dan kira kira biaya yg dibutuhkan berapa
    terima kasih

  73. 73
    Kamal Ramdan:
    Senin, 30 November 2015, 19:34

    Untuk Point no.3 diatas "Tentunya lebih diuntungkan jika beban yang menggunakan solar panel dinyalakan pada malam hari. Dengan begini, penggunaan baterai relatif tidak berat dan dimungkinkan jumlah baterai dapat pula dikurangi jumlahnya, karena listrik yang disupply tidak hanya oleh baterai tetapi sinar matahari masih turut memberikan supply."

    Kalau malam hari tidak ada sinar matahari tapi tulisan di atas "Sinar matahari masih membantu"

    Mohon penjelasannya?

  74. 74
    Ferdi Rosman Feizal :
    Minggu, 29 November 2015, 22:01

    Hanya Rp.5-6 juta, Instalasi Solar Cell Sangat Cocok Untuk Gedung Perkantoran, selengkapnya : http://bit.ly/1TkHtcc

  75. 75
    Juniati :
    Minggu, 22 November 2015, 22:29

    Maaf pak sy mau tanya apakah bisa kalau panel surya,30wat di paranel dengan panel 50wat?..dri ibu juniati di sorowako lutim.

  76. 76
    Juniati :
    Minggu, 22 November 2015, 22:29

    Maaf pak sy mau tanya apakah bisa kalau panel surya,30wat di paranel dengan panel 50wat?..dri ibu juniati di sorowako lutim.

  77. 77
    Mayu Fitrah:
    Jumat, 20 November 2015, 10:24

    saya berminat, palembang muara enim semende

  78. 78
    Jardine:
    Rabu, 04 November 2015, 14:11

    Sudah saatnya berkontibusi untuk menurunkan kadar emisi. ICA SOLAR-On Grid memiliki solusi mudah dan lengkap untuk memasang solar panel di rumah/ kantor/ pabrik anda. Tanpa baterai, tanpa maintenance, investasi 6 tahun balik modal. Harga mulai 50 juta tuk paket lengkap 2000 Watt per hour. www.agensolar.com or 087-777-801-076.

  79. 79
    Ridwan:
    Senin, 02 November 2015, 16:09

    Saya berminat bg mana cara untuk mengubunginya ? saya butuh 2200 Watt berapa kisaran biayanya. terima kasih

  80. 80
    Herby Tielung:
    Senin, 02 November 2015, 06:08

    Dear all,
    Mohon informasi, jika saya membutuhkan daya listrik 2200 watt, berapa panel yang dibutuhkan untuk terpenuhinya daya tersebut.

    Salam

    Herby Tielung
    E-mail ;
    herbytielung@gmail.com
    0822 3853 0285

  81. 81
    Christian:
    Minggu, 18 Oktober 2015, 16:56

    Mas saya mau tny hitungan untuk pemakaian ac 1pk sm lampu dll selama kurang lebih 1500watt selama 24jam..itu di butuhkan berapa byk ya solar panel nya..bisa mint kontak person ny gak ya..saya mau tny2 thx..

  82. 82
    Sasetyo NOEGROHO:
    Selasa, 27 Januari 2015, 21:39

    Cobalah berpikir Out Of Box.

    bagaimana kalau listrik dihasilkan energy alternatif di jual ke pln? Atau memundurkan meteran saat listrik dihasilkan oleh energy altrrnatif.

    Contoh: solar panel yg dijemur disiang hari akan menghasilkan listrik, dengan bantuan INVERTER GRID TIE listrik DC tsb diubah ke AC.
    Apabila tidak ada beban pemakaian, maka aliran listrik tsb akan keluar ke jaringan distribusi PLN. Meteran PLN model analog piringan akan berbalik arah sesuai daya yang dihasilkan solar panel.

    Untuk meteran digital atau prabayar hal ini tidak berlaku kecuali ada undang-undang jual beli listrik antara penyedia jasa dan pembeli.

  83. 83
    San:
    Selasa, 27 Januari 2015, 11:42

    Dengan asumsi perhitungan dari Mas Im dimana hasilnya Rp 14.794/Hari , berarti PLTS ini masih lebih mahal bahkan dengan harga terbaru dari PLN saat ini (Rp 1352/kwh). Kondisi rumah 1 LCD (nyala +- 5-12 jam sehari), 3 lampu (24 jam), 5 lampu (5 jam), AC 0.5 PK (7 jam), lemari es (24 jam), rice cooker (24 jam), dispenser (24 jam), kipas angin (5-16 jam) dalam sebulan habis 180kwh (sekitar 250rb sebulan dengan pajak). Artinya 250rb/30 hari = Rp8.333,33 per hari.

  84. 84
    Lazuardi M Bersujud:
    Selasa, 27 Januari 2015, 07:49

    Saya mau bikin tegangan nya 450watt . kira-kira yg di butuhkan berapa solar cell ya om ? mohon bantuan nya . terima kasih

  85. 85
    Sumi Agna Wanara:
    Rabu, 21 Januari 2015, 23:48




  86. 86
    Sumi Agna Wanara:
    Rabu, 21 Januari 2015, 23:45

    Berapa harga panel surya 100 wp...?

  87. 87
    Budiman:
    Rabu, 21 Januari 2015, 14:59

    Tolong contact person yg bisa dihubungi.
    Saya mau install yg 7 panel utk dirumah.

  88. 88
    Mamimut:
    Senin, 19 Januari 2015, 21:50

    Kalo mau bikin kayak lampu penerangan jalan pakai solar panel itu biayanya brp ? Saya mau buat untuk lampu penerangan didepan rumah saja. Terima kasih

  89. 89
    Mas Im:
    Senin, 12 Januari 2015, 19:45

    Temen2,,
    Yg saya sharing ini mudah2an bermanfaat.

    Untuk Mas Arief,
    Japri aja di email.
    Whatsapp, Pin BB DLL ntar via email ajah.
    imam_sustiyono@yahoo.com

    Untuk Mas Ansar,
    Kalau kita punya energy 65A @12 Volt,, tidak bisa di kuras habis. Saya ambil hanya 40% saja.
    40%X65A = 26A @ 12 volt,, kira2 setara 312watt
    Jika dinyalakan 12 jam,, total daya lampu yg kita miliki 26 watt saja,, dkurangi loss di cabel sedikit,, let's say 25 watt.

    Untuk Mas Cah Alas,
    Pakai controller mas,, pilih yang MPPT,, spy tegangan tidak lebih dari 13 Volt yg nge-cas ke Aki. Trus energi aki nya jangan di kuras habis.
    Insyaallah aki nya awet.

    Untuk Mas Sarip Tapran,
    4000 watt itu gede lho mas,,, pakai system yg 48 volt. hitungan saya biaya berkisar 140-150Juta.
    Seharga Avanza 1 unit ,,,, hehehe.

    Wassalam ww.

  90. 90
    Arief:
    Rabu, 07 Januari 2015, 13:43

    Buat Mas Im, minta nomor kontaknya dong ?? ingin sharing.Tks

  91. 91
    Cah Alas:
    Rabu, 07 Januari 2015, 02:44

    Di rumah saya sudah 11 tahun sepenuhnya pake sel surya..
    1. Panel 50 watt aki 70AH hanya untuk menyalakan 8 lampu.
    2. Panel 50 watt aki 70AH untuk keperluan lain (jarang dipake).
    3. Panel 100 watt aki 100AH untuk tv nonstop..

    Kenapa umur aki hanya mampu bertahan 3-5 tahun. Tanpa kontroler....
    Mohon bantuannya agar usia aki bisa lebih lama.

  92. 92
    Anshar:
    Senin, 05 Januari 2015, 11:09

    Dari 2.880 watt tersebut, jika dibagi 12 V ( tegangan umum yang dimiliki baterai) maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. Maka, jika kita menggunakan baterai yang sebesar 65 Ah 12 V, maka kita membutuhkan 4 baterai (65 x 12 x 4 = 3.120 watt).
    --------------------------------------


    RUMUS yang bapak Buat salah Besar, setelah di bagi 12Volt (rata-rata tengan AKI Konvensional) seharusnya 240 Ampere itu hanya untuk Penggunaan selama Perjam, Jadi seharunya dikalikan 12 (dengan asumsi 12 Jam penggunaan yaitu dari pukul 18.00-06.00, Lalu dapat dicari berapa sebenarnya kebutuhan PANEL dan Kapasitas AKI.
    (Contoh sesuai dengan asumsi Bapak itu memerlukan PANEL SURYA SEBANYAK 24 unit masing-masing 100wp dan membutuhan AKI sebanyak 48 unit masih-masih 65 AmH)
    maaf sanggahan ini butuh pnjelasan lebih dalam, tolong di emailkan lebih detail perhitungan dan penggunaan PLTS dirumah atau kantor.

  93. 93
    Mas Im:
    Selasa, 23 Desember 2014, 19:40

    Permisi teman2 .. sharing aja nih ,,,

    Soal harga, sebenarnya udah turun. Tp krn dollar naik, harganya PLTS sekarang jadi naik juga.
    Kita perlu intensive pajak krn sebagian besar impor.

    Hitungannya lebih murah dari sebungkus rokok lho ...

    Saya bangun pas dolar Rp9800 dengan konsep "SYSTEM GROWTH".
    4x100 wp khusus buat lampu, dengan controler mppt hibrid, system 24 volt habis nya 27Juta. Pasang sendiri, alias tukang gratis ,,, hehehe :)
    Dapet energy untuk 23 lampu LED 7 watt 7-8 jam sehari. Mampu bertahan 2 malam jika tidak ada sinar matahari.

    Jika system bertahan 5 tahun, biaya listrik per hari 27Jt/(5x365) = Rp 14.794/Hari
    Masih lebih murah dari harga sebungkus rokok khan ??,,, heheh ,, :)

    Yg belum ketemu jawabnya,,, ini lebih murah dari PLN gak ya ???

  94. 94
    Kok Masih Mahal To..? Minat Tapi Kok Mahal Ya:
    Selasa, 23 Desember 2014, 17:23

  95. 95
    Ahmadi:
    Selasa, 16 Desember 2014, 23:30

    yess mantap

  96. 96
    Zulkarnain:
    Minggu, 14 Desember 2014, 09:01

    untuk diperkotaan mana yang lebih efektif penggunaan listrk tenaga surya atau PLN yang harganya mengikuti pasar, untuk di kota tangerang dimana tempat menjual listrik tenaga surya tersebut, trimakasih

  97. 97
    Doniasraft:
    Sabtu, 13 Desember 2014, 17:16

    Ya ha ha... Plts.. Jman uda maju bung.. Sekrang q ada pnemuan baru.. Yg lbih cnggih , gk brisik , gk prlu prawatn, lbih rmah lingkungan.. Gk pke bhan bkar, gk pake tnaga air, atau angin atau apapun lh itu nma ny.... Pkok ny gk ada mkan biaya sedikit pun deh. 24 jam on truz pun bisa.. Cuma pnemuan q ne msih q rhasiakn.. Krna saat ne q lom punya modal... Tpi klo ada yg mo gbung ma aq truz minjemin modal ma aku, brkisar 100jta.. Bsa kta kolaborasi buat gebrakn baru... Yaitu pembangkit listrik tanpa bahan bakar... Yg minat yooo inbox di :


    doniasraft@gmail.com

    Wassalam...

  98. 98
    Adianto:
    Kamis, 20 November 2014, 22:00

    ku itung2 modalnya sama dg pln. tp drpd bgantung pln (yg mlbatkn orla ut oprasian n blm tntu slalu nyala saat qt buth) sy lbih memilh plts yg bisa qt atur sesuai slera qt. ,uslku tlg yg py produk hrgany dturunin donk, ntar kubantu promosiin ke kampung2 hehe...

  99. 99
    Rendra:
    Rabu, 19 November 2014, 17:30

    7000 dolar itu 70jeti mz bro. Mhl bingitt
    Salah x

  100. 100
    Rendra:
    Rabu, 19 November 2014, 17:30

    7000 dolar itu 70jeti mz bro. Mhl bingitt
    Salah x

  101. 101
    Franky, Mas Imam Dibatam Dijual Didaerah Mana Y, Toko Apa?:
    Rabu, 05 November 2014, 11:10

  102. 102
    Heri:
    Minggu, 02 November 2014, 09:46

    Saya tertarik mengingat saya tak dapat pasokan listrik dri pln.untuk mengembangkan usaha saya sbgai tkang reparasi ponsel kecil2an saya ingin sekali bsa menghidupkan solder dan komputer sebagai modal utama saya tapi listrik masih menjadi inpian saya,mohon bantuan untuk pengadaan tenaga listrik termurah...

  103. 103
    Heri:
    Minggu, 02 November 2014, 09:35

    arel.amigo@gmail.com

  104. 104
    Dzulkifli:
    Selasa, 28 Oktober 2014, 06:48

    hitung-hitungan admin ngawur..

  105. 105
    Hiskia:
    Rabu, 15 Oktober 2014, 18:16

    Beberapa tahun lalu harga tenaga surya sangat2 mahal, tapi konon katanya sekarang sudah sangat turun n terjangkau.
    Pertanyaan saya, berapa harga perangkat tenaga surya untuk penggunaan 100 watt?
    Terimakasih.

  106. 106
    Budi Pram:
    Senin, 06 Oktober 2014, 15:53

    Saya ingin membantu permukiman transmigrasi dengan PLTS, tolong diinformasikan type apa yang cocok untuk itu, dan bahwa kebutuhan listrik pada umumnya hanya 100 s/d 500 watt per rumah, karena hanya membutuhkan untuk penerangan dengan lampu 3 s/d 4 titik, menyalakan radio dan televisi, serta cahrge Hand Phone. Dan bagaimana perawatannya? diharapkan mudah dan sederhana serta awet hingga 3 s/d 4 tahun ke depan.
    Demikian, terimakasih !!

  107. 107
    Gede Meindra Parwatha:
    Minggu, 05 Oktober 2014, 01:08

    tlg bisa saya ikut pasarkan dibali krn kami ada cv hijau karya sentosa siap bantu makasih..

  108. 108
    Yadi:
    Kamis, 02 Oktober 2014, 20:09

    saya ingin sekali belajar pemasangan PLTS..apalagi jadi mata pencahariaan ,kedepannya prospek yang baik...apalagi kalau terjangkau harganya...

  109. 109
    Govind:
    Kamis, 02 Oktober 2014, 20:00

    Saya ada panel tenaga surya yg masi digunakan ..skrg di desa saya uda ada pln, saya ada rencana mau gunakan panel para tetangga untk keperluan listrik rumah saya..yang mau saya tanyakan gimana caranya untk menggabungkan panel dan batre supaya bisa untuk tv,pompa air(tiap rumah 50w 1 buah batre) "kalau ada yang butuh bisa hubungi 082361627220 "

  110. 110
    Abdul Khaliq:
    Minggu, 28 September 2014, 10:35

    Dear all,
    Salam kenal,
    Tks atas artikelnya yang sangat menarik, menambah wawasan dan sangat bermanfaat.
    Sedikit komentar dan tanggapan:
    1. Saya setuju penggunaan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)di Indonesia. Secepatnya diterapkan dan digalakkan, mengingat:
    - Sinar matahari di Indonesia (katulistiwa) selalu ada sepanjang tahun dibanding dengan negara lain.
    - Mengurangi ketergantungan penggunaan batubara dan solar/diesel oleh PLTU nya PLN. Batubara dan solar semakin menipis, harga cenderung naik dan tarif listrik PLN ikut naik.
    - Intensitas cahaya matahari di Indonesia amat sangat kuat di banding negara lain sehingga performansi penggunaan PLTS lebih efisensi.
    2. Namun PLTS masih relatif mahal, sebagai contoh untuk daya 450 Watt (rumah tangga kecil) harus merogoh kocek sekitar Rp.97jt.
    3. Perlu dukungan, bantuan dan peran aktif dari pemerintah untuk menggalakkan pemakaian energi alternatif ini (energi matahari).
    4. Segera upayakan produk lokal (PV, Controller, Inverter, battery) sehingga harga per unit Wp diharapkan bisa lebih murah.
    Maaf bisa komentar saya tidak relevant.
    Regards.

  111. 111
    Imam Ardianto:
    Sabtu, 27 September 2014, 18:38

    sekarang harga panel surya sudah agak murah daripada beberapa tahun yg lalu,...sebagai patokan harga di BATAM sekarang,yg 50 WP,berkisar 850 rb.

  112. 112
    Imam Ardianto:
    Sabtu, 27 September 2014, 18:37

    sekarang harga panel surya sudah agak murah daripada beberapa tahun yg lalu,...sebagai patokan harga di BATAM sekarang,yg 50 WP,berkisar 850 rb.

  113. 113
    Danang Wijayanto:
    Jumat, 26 September 2014, 13:31

    bukannya malah tambah boros dr segi daya.. di point 6 dijelaskan penggunaan solar 7 panel x 500 : 3500watt
    sedangkan kebutuhan rumah tangga berkisar 2400watt (dr point 1)

    kalo 3500watt menghasilkan 2400watt

  114. 114
    Sarip Tapran:
    Rabu, 10 September 2014, 12:10

    Mohon dibantu perhitungan untuk keperluan rumah tinggal dgn kapasitas 4000 watt, digunakan selama 12 jam
    1. Brp unit solar panelnya,
    2. Brp unit battery, ...xAh
    3. Controller dan inverternya
    Kira-kira berapa nilai investasinya.
    Terima kasih.
    Wasalam,
    Sarip Tapran

  115. 115
    Dahwan:
    Rabu, 27 Agustus 2014, 12:43

    berapa biaya untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya ini sebenar 3000 watt???

  116. 116
    Yogus Rifani:
    Selasa, 19 Agustus 2014, 22:06

    Membaca artikel dan menyimak komentar rekan terdahulu.membuka pengetahuan saya.
    energy surya bagus, hitung manfaat, ekonomis, dan keperluan.
    kami yg di pedalaman kalimantan, belum tersentuh listrik PLN banyak menggunakan Energy surya, walaupun harga+ biaya kirim relatif tinggi.

    Namun jika kita bijak memahami keperluan, Maka Energi surya adalah Listrik mandiri sesungguhnya<dimana apa bila kita boros listrik maka daya tersedia akan habis/ tekor accu.
    penggunaan energi surya, mendidik kita untuk berhemat daya, disiplin dalam penggunaan energy( setrum accu)dengan tidak menyalakan lampu kalau tidak diperlukan.memupuk kemandirian dari sumber daya yg tersedia dirumah kita. Mendidik kesabaran karena tak akan memarahi PLN jika lampu yg klita miliki padam hahaha..
    Tapi disini saya sedikit berbagi, pengalaman.
    energy surya di utamakan untuk keperluan Primer,seperti penerangan, charger HP. mungkin buat radio boleh. bukan buat keperluan Listrik Skunder.gunakan sesuai kemampuan membeli perangkat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yg kita mampu, OK

    Perangkat mini solar cell ini mungkin bisa jadi alternatif, buat yg gak / belum ada jaringan PLN di daerahnya. http://cache.inkuiri.com/stores/bukalapak.com/elektronik/appliance/alat-penerangan/toko-machdarina-solar-cell-power-system-listrik-energi-matahari-trigger.b685ee9d7bec0cb1d29f855ab03ccafeb8305023.id

    Atau Bisa gunakan Energi dari Air, micro Hidro, Atau Tenaga angin Win Turbine, Atau Re cycele,
    seperti ini http://www.youtube.com/watch?v=Z-Ea8xVt0yk Atau seperti ini http://www.youtube.com/watch?v=DCoc1IqYIkc atau ini juga bisa di aplikasi http://www.youtube.com/watch?v=jsnPeVhWnVk
    Atau seperti sodara kita di kampung ini http://www.youtube.com/watch?v=4o9p7T925BY

    Pilihan ada pada anda , silakan hitung keperluan dan kemampuan finansial. ^_^.
    Namun seperti dikampung saya masyarakat indonesia cenderung Konsumtif, jika lapu udah nyala, maunya lemari es juga boleh dibeli. perangkat elektronik demi kenyamanan dan gengsi dibeli (walau kredit) qiqiqiqi..
    Oke, selamat buat anda. hidup susah jangan dibuat susah, gunakan akal buat kebaikan bersama.. Komentar negatif selalu ada, sampai jumpa...

  117. 117
    Yudas Firmansyah:
    Sabtu, 09 Agustus 2014, 17:49



    Www.sundaya.com ( PT. SUNDAYA INDONESIA )

    Kami pabrikan yang siap mengerjakan proyek tenaga surya, baik itu proyek kecil maupun besar, ataupun rumahan.

  118. 118
    Mridwan:
    Jumat, 18 Juli 2014, 12:36

    Sya sdh lma ingin punya prangkat solarsystem ini cman kendala nya pngetahuan sya tntang hal ini sangat minim jdi stlah sya tau tntnang ulasan ini
    Sya sangat trbantu dan membangkitkan minat saya lgi
    Tpi mgkin mslah biaya jdi hambatan

  119. 119
    Mridwan:
    Jumat, 18 Juli 2014, 12:36

    Sya sdh lma ingin punya prangkat solarsystem ini cman kendala nya pngetahuan sya tntang hal ini sangat minim jdi stlah sya tau tntnang ulasan ini
    Sya sangat trbantu dan membangkitkan minat saya lgi
    Tpi mgkin mslah biaya jdi hambatan

  120. 120
    Hengki Liberty Siauta:
    Selasa, 15 Juli 2014, 15:52

    Saya sangat tertarik dengan pembangkit yang ramah lingkungan, bagaimana dan dimana saya bisa mempelajari atau di training untuk instalasinya.

  121. 121
    Sasetyo Noegroho:
    Jumat, 04 Juli 2014, 03:06

    harga solar panel sudah turun dikisaran harga usd 2/watt.

    bulan juni 2014 saya tanya ke salah satu ruko di mangga dua harco menjual solar panel 100 watt tipe polycrystaline di kisaran idr 1.300.000 dan monocrystaline seharga idr 1.800.000.

    semoga membantu.

  122. 122
    Ongko:
    Selasa, 01 Juli 2014, 13:16

    Numpang tanya pak.

    saya punya sepeda listrik dengan aki vrla (12vdc x 4 unit x 17 ah) yang berarti total dayanya 408 watt.
    kalau saya ingin mencharge akinya dengan solar panel. apa saja yang saya butuhkan? apakah solar cell dengan solar regulator saya cukup?.
    Berapa solar cell kah yang saya butuhkan?
    note: kapasitas charger bawaannya 48vdc 2Ah.

    terima kasih sebelumnya.

  123. 123
    Martinus Buranna:
    Senin, 16 Juni 2014, 10:07

    Berapa ukuran p x l dari panel tenaga surya 50 wp

  124. 124
    Tommy:
    Selasa, 10 Juni 2014, 23:28

    ngapain pake inverter, pake sj lampu led 12v banyak2 dijamin awet tuh aki. inverter buat nyalain elektonik sj. hemat tuh

  125. 125
    Eka Miniarti:
    Selasa, 13 Mei 2014, 11:51

    Bilangin dong sm pemerintah untuk menghemat batu bara indonesia beralih menggunakan listrik tenaga surya. Pd saat minyak tanah beralih k gas. Masa ga bisa kita kan cinta lingkungan. Demi anak turun kita nanti.

  126. 126
    Eka Miniarti:
    Selasa, 13 Mei 2014, 11:46

    Kalo mau beli alatnya ada ga ya kita tinggal terina pasang. Dan dananya kena berapa ya?

  127. 127
    Ali S:
    Senin, 03 Maret 2014, 10:26

    Solar cell penanggulangan yang tepat yng diprogram oleh pak kwik kian beberapa tahun yang lalu,hanya saja bajingan" perampok NKRI yang tidk menginginkan ini terjadi.biar PLN kita dikorup oleh cukong" bangsat.(Jangan ragu tuk memiliki solar cell di rumah" anda sbagai penyupai aliran listrik drmh kalian)

  128. 128
    Ali S:
    Senin, 03 Maret 2014, 10:26

    Solar cell penanggulangan yang tepat yng diprogram oleh pak kwik kian beberapa tahun yang lalu,hanya saja bajingan" perampok NKRI yang tidk menginginkan ini terjadi.biar PLN kita dikorup oleh cukong" bangsat.(Jangan ragu tuk memiliki solar cell di rumah" anda sbagai penyupai aliran listrik drmh kalian)

  129. 129
    Fredyto:
    Kamis, 06 Februari 2014, 00:43

    Wahhh..abis baca2 komenan ini jadi ga semangat buat bli solar cell??? Keluarga besar saya tinggal diflores, maumere tepatnya di daerah bola..dsana pasokan listrik sangat minim sekali..ingin sekali membantu keluarga dsana dg teknologi ini..tp ternyata blm se"gurih" ap yg telah dibicarakan diluar sana..hehehe

  130. 130
    Hengki:
    Minggu, 19 Januari 2014, 06:04

    bgm cara/susunan'xa tuk parallel yg lbh dr 1 accu...contoh'xa qt 4 atau 6 accu

  131. 131
    Muhammad Ghufron :
    Minggu, 22 Desember 2013, 20:23

    Salam pak Admin,

    Saya ingin tanya untuk panel surya nya itu sendiri kira kira tahan terhadap gangguan gak ya ? seperti misalnya kalau panel surya tersebut diletakkan diatas genteng rumah, kemudian diatas genteng rumah sering ada gangguan seperti kucing bertengkar atau di patok burung ... apakah itu dapat merusak panel surya,
    terima kasih sebelumnya

  132. 132
    Yani Ardhani:
    Selasa, 10 Desember 2013, 18:19

    dari contoh tadi 240 ampere tadi buat 12 jam mas bero radamsyah hehehe....bukan buat perjam kan dikatakan misalnya 1 jam mengkonsumsi 200 watt

  133. 133
    Surya:
    Selasa, 06 Agustus 2013, 07:07

    @ramadhan,

    Justru cara Anda menghitung yg salah. Kan, kebutuhan lidtriknya cuna 200 wat dan sudah dikali 12 jam. justru cara Abda menghitung redundant.

  134. 134
    Ramadansyah :
    Kamis, 11 Juli 2013, 03:58

    KLARIFIKASI

    Kepada Admin Yth.

    -----------------------------

    Dari 2.880 watt tersebut, jika dibagi 12 V ( tegangan umum yang dimiliki baterai) maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. Maka, jika kita menggunakan baterai yang sebesar 65 Ah 12 V, maka kita membutuhkan 4 baterai (65 x 12 x 4 = 3.120 watt).
    --------------------------------------


    RUMUS yang bapak Buat salah Besar, setelah di bagi 12Volt (rata-rata tengan AKI Konvensional) seharusnya 240 Ampere itu hanya untuk Penggunaan selama Perjam, Jadi seharunya dikalikan 12 (dengan asumsi 12 Jam penggunaan yaitu dari pukul 18.00-06.00, Lalu dapat dicari berapa sebenarnya kebutuhan PANEL dan Kapasitas AKI.
    (Contoh sesuai dengan asumsi Bapak itu memerlukan PANEL SURYA SEBANYAK 24 unit masing-masing 100wp dan membutuhan AKI sebanyak 48 unit masih-masih 65 AmH)

    By Ramadansyah, SE
    ramadansyah@gmail.com

  135. 135
    Ramadansyah :
    Kamis, 11 Juli 2013, 03:58

    KLARIFIKASI

    Kepada Admin Yth.

    -----------------------------

    Dari 2.880 watt tersebut, jika dibagi 12 V ( tegangan umum yang dimiliki baterai) maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. Maka, jika kita menggunakan baterai yang sebesar 65 Ah 12 V, maka kita membutuhkan 4 baterai (65 x 12 x 4 = 3.120 watt).
    --------------------------------------


    RUMUS yang bapak Buat salah Besar, setelah di bagi 12Volt (rata-rata tengan AKI Konvensional) seharusnya 240 Ampere itu hanya untuk Penggunaan selama Perjam, Jadi seharunya dikalikan 12 (dengan asumsi 12 Jam penggunaan yaitu dari pukul 18.00-06.00, Lalu dapat dicari berapa sebenarnya kebutuhan PANEL dan Kapasitas AKI.
    (Contoh sesuai dengan asumsi Bapak itu memerlukan PANEL SURYA SEBANYAK 24 unit masing-masing 100wp dan membutuhan AKI sebanyak 48 unit masih-masih 65 AmH)

    By Ramadansyah, SE
    ramadansyah@gmail.com

  136. 136
    Ramadansyah :
    Kamis, 11 Juli 2013, 03:58

    KLARIFIKASI

    Kepada Admin Yth.

    -----------------------------

    Dari 2.880 watt tersebut, jika dibagi 12 V ( tegangan umum yang dimiliki baterai) maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. Maka, jika kita menggunakan baterai yang sebesar 65 Ah 12 V, maka kita membutuhkan 4 baterai (65 x 12 x 4 = 3.120 watt).
    --------------------------------------


    RUMUS yang bapak Buat salah Besar, setelah di bagi 12Volt (rata-rata tengan AKI Konvensional) seharusnya 240 Ampere itu hanya untuk Penggunaan selama Perjam, Jadi seharunya dikalikan 12 (dengan asumsi 12 Jam penggunaan yaitu dari pukul 18.00-06.00, Lalu dapat dicari berapa sebenarnya kebutuhan PANEL dan Kapasitas AKI.
    (Contoh sesuai dengan asumsi Bapak itu memerlukan PANEL SURYA SEBANYAK 24 unit masing-masing 100wp dan membutuhan AKI sebanyak 48 unit masih-masih 65 AmH)

    By Ramadansyah, SE
    ramadansyah@gmail.com

  137. 137
    Wiwiek Purnama:
    Jumat, 17 Mei 2013, 14:39

    Bp yang terhormat, maaf sy mau minta sedikit penjelasan pemasangan mengingat sekarang lagi mulai memasang solar panel.
    pertanyaannya saya :
    1. bisakan solar panel monocrystalin digabungkan secara pararel dengan polycrystalin dengan catatan open circuit voltnya sama...untuk menghasilkan ampere yang lebih besar?
    2. Adakah dampak secara signifikan yang ditimbulkan akibat penggabungan itu, terhadap faktor cuaca mendung seharian maupun cerah ?

    Demikian pertanyaan saya, sebelum dan sesudahnya terima kasih

    Salam
    FC Wiwiek

  138. 138
    Sepatu Futsal Prodirectsoccerindonesia:
    Kamis, 16 Mei 2013, 06:57

    untuk orng2 sperti saya yg peduli akan lingkungan sebenarnya penggunaan panel surya adalah suatu alternatf dalam menekan angka polusi,

    hnya saja sperti yg sdh disebut d atas...
    biaya investasi yg membengkak tinggi membuat saya untuk perlu merekonstruksi ulang pemikiran untuk memakai panel surya dalam waktu dekat ini ..

    hopely
    panel surya bisa terjangkau dengan harga lebih murh

    btw terima kasih untuk informasi perhitngan daya, bea dll

    nice sharing

    salam

    Prodirectsoccer Indonesia
    Toko Online Sepatu Futsal, Bola, Glove, Baselayer, Jersey Original Terlengkap

    http://www.prodirectsoccerindonesia.com

  139. 139
    :
    Senin, 04 Februari 2013, 21:50

  140. 140
    Bello Ventures LTD:
    Sabtu, 17 November 2012, 19:52

    Dear Sir/Madam,

    We are interesting in buying your products in large quantity. Kindly send your products details and FOB prices.
    Waiting your quick responds .

    Best regards,
    Ameru Bello,
    (CEO) Bello Ventures Limited,
    Aba, Abia State, Nigeria.

  141. 141
    Ucok:
    Selasa, 13 November 2012, 19:36

    Menurut saya alternatif terbaik adalah dgn mengganti lampu dgn LED. Tp harga masih mahal di kisaran 150rb untuk yg 9watt= 60 watt daya terangnya.
    Alternatif kedua paling beli battere yg disebutkan diatas sekalian pengecasnya serta inverter. Dicas di siang hari pake listrik pln, dan di aktifkan malam hari pengganti pln. Kenapa harus pagi atau siang? Karna pada waktu ini konsumsi listrik kita sedikit, lampu tidak terpakai. Tapi blom tau juga sich konsumsi alat pencas battere berapa watt?

  142. 142
    Teguhpisan:
    Senin, 29 Oktober 2012, 11:48

    Harganya masih tak terjangkau, kalau biaya bulanan listrik saya setaip bulan 200.000 maka harga segitu equivalen dengan pemakaian listrik saya selama 29 tahun dengan asumsi tanpa kenaikan tarif listrik atau 25 tahunlah dengan asumsi kenaikan listrik dengan jumlah pemakaian yang lebih dari 200 watt.pro lingkungan tapi sangat tidak ekonomis:( nunggu energi alternatif lain yang lebih ramah kantong deh

  143. 143
    Widjaya:
    Kamis, 25 Oktober 2012, 14:42

    jika ada yg minat dengan mini pembangkit energi bahan bakar air dalam kolam-energi terbarukan-hemat tempat garansi 5 thn-hub tatakaryaprima@yahoo.com

  144. 144
    Lean:
    Rabu, 01 Juli 2009, 11:05

    Menarik sekali, tapi sayang modal yang dibutuhkan sangat besar. Buat rumah tangga dengan keuangan menengah seperti blm bisa menjadi alternatif yang tepat sebagai pengganti listrik PLN

  145. 145
    Antonius Widiarso:
    Minggu, 28 Juni 2009, 00:20

    @ Pak Iwan : Untuk sementara waktu memang pemanfaatan tenaga surya ini relatif belum terjangkut. Sampai dengan saat ini proyek - proyek tenaga surya dari pemerintah yang masih mendominasi ketersebaran penggunaannya. Untuk sektor swasta, rata - rata mereka melihat dari sisi investasi, dan jika memang demikian, penggunaan tenaga surya ini nampaknya memang kurang menarik.. BEP-nya bisa lebih dari 10 tahun - suatu jangka waktu yang belum terlalu menarik. Sehingga hal diprioritaskan sebaiknya tidak dari sisi investasinya, tetapi lebih ke energi yang hijau, ramah, terbarukan, dan pastinya tidak lagi tergantung kepada supply listrik PLN yang notabene rantai dari mulai hilir ke hulunya begitu panjang.. Karakter inilah yang sungguh berbeda dengan pemanfaatan tenaga surya yang mandiri penuh dimana di tempat itu jugalah listrik dapat langsung dihasilkan...

    @ Pak Aimee : Alternatif apa Pak yang Bapak maksudkan ? Kalau solar panel untuk kebutuhan rumah tangga, solar home system-lah yang paling sesuai. Dan karena sistem Solar Home System didominasi oleh panel surya ( dari kumulatif total harganya ) dan ironisnya di negeri Indonesia yang kaya bahan mentahnya ini belum bisa memproduksi panel surya sendiri, maka praktis berimbas kepada harganya yang belum terlalu menarik. Untuk membuat panel surya, investasi yang dibutuhkan sangat besar. Industri ini tergolong padat modal dan padat karya dan mengapa harga silikon masih tinggi, adalah salah satunya disebabkan oleh bahan baku yang masih harus bersaing yang tidak hanya digunakan oleh pembuatan panel surya, tetapi juga untuk industri semi konduktor lainnya yang notabene seluruh komponen elektronika membutuhkan ini.
    Sungguh saya bahwa panel surya ini tidak dapat dilakukan produksinya pada skala rumah tangga. Meskipun bisa, nilai ekonomisnya tidak dapat tercapai...

    Semoga Bermanfaat,
    Salam Green,
    Antonius Widiarso
    www.dynton.com

  146. 146
    Aimee:
    Sabtu, 27 Juni 2009, 16:31

    Saya sangat setuju dengan pemanfaatan tenaga matahari sebagai upaya perbaikan dan pelestarian lingkungan hidup.
    Hanya satu hal yang ingin saya tanyakan, apakah ada alternatif lain yg bisa dilakukan untuk membuat listrik dari solar panel? Krn saya berasal dr keluarga biasa saja, dan saya bekerja dengan gaji yg hanya pas2an untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  147. 147
    iwan:
    Selasa, 14 April 2009, 16:47

    wahhh... bagus bgt tuch... gw setuju baget buat manfaatin energi yg emang ramah lingkungan!! tapi sayang baget masih mahal yach harganya... gimana kalo minta subsidi ama pemerintah, bisa g yach ???

  148. 148
    sularsi:
    Selasa, 14 April 2009, 09:54

    setuju sekali dengan mengoptimalkan ciptaan Allah dan sekaligus untuk menghemat penggunaan batubara yang tak tergantikan. saya pernah ke NTT (Atambua dan Rote) listrik pasokan listrik sangat langka dan memprehatinkan untuk keperluan operasi di suatu RS Daerah yang sering padam tiba2. alangkah tepat sasaran jika pemasaran listrik biodesel ini di daerah yang minim akses untuk listik.
    bravo bio desel

    salam
    Sularsi

Tulis Komentar

Masukkan teks di samping ini (tidak case sensitive) »